Other Menu

Friday 10 May 2013

Definisi Sosiologi Pendidikan



PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang sistematis dalam upaya memanusiakan manusia. Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis. Salah satu pokok pembahasan sosiologi pendidikan adalah kerjasama antar manusia dalam sekolah.[1]
Mencakup di dalamnya pola interaksi sosial dan struktur masyarakat di sekolah. Kamanto Sunarto menjelaskan keterkaitan antara pendidikan dan kerjasama antar kelompok. Keilmuan dan kearifan individu melalui tempaan pendidikan akan dapat merapatkan dan memecahkan masalah yang timbul dalam kerjasama antar kelompok.[2] Oleh karena itu, dalam makalah ini penulis akan menguraikan bagaimana pendidikan dan kerjasama antar kelompok itu sebenarnya. Mencakup jenis-jenis kelompok sosial, struktur dan masalah sekolah sebagai kelompok sosial, dan hal-hal lain yang relevan dengan pokok masalah di atas.

B.     Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini selain tugas mata kuliah Sosiologi Pendidikan, juga untuk mengetahui:
1.      Pengertian pendidikan
2.      Pengertian kelompok
3.      Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
4.      Pengaruh pendidikan terhadap status sosial individu dalam suatu kelompok
5.      Sekolah sebagai suatu organisasi
6.      Struktur kerjasama antar kelompok di sekolah
7.      Masalah-masalah yang muncul dalam kerjasama antar kelompok di sekolah
8.      Upaya pendidikan dalam mengatasi masalah yang muncul dalam kerjasama antar kelompok di sekolah.
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pendidikan
Pendidikan dapat diartikan secara sederhana sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan. Dalam perkembangannya, istilah pendidikan atau paedagogie berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa agar ia menjadi dewasa. Selanjutnya, pendidikan diartikan sebagai usaha yang dijalankan orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.
Beberapa pengertian pendidikan yang diberikan oleh para ahli, yaitu sebagai berikut:
1.      Langeveld
Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan, dan bantuan yang diberikan anak kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepatnya membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
2.      John Dewey
Pendidikan adlah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.
3.      J.J. Rosseau
Pendidikan adalah memberikan perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa.
4.      Driyakara
Pendidikan adalah pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan mansuia muda ke taraf insani.
5.      Ahmad D. Marimba
Pendidikan adlah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentunya kepribadian utama.

6.      Ki Hajar Dewantara
Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan anggota amsyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
7.      Menurut UU Nomor 2 Tahun 1989
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
8.      Menurut UU Nomor 20 Tahun 2003
Pendidikan adlah usaha sadar dan terancana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengandalian diri, keterampilan, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.[3]
Dari beberapa definisi pendidikan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang terencana dan tersistematis dalam memanusiakan manusia.

B.     Pengertian Kelompok
Secara sosiologis, istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai kerjasama dan berinteraksi, di mana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama.
Beberapa definisi kelompok:
1.      Joseph S. Roucek
Suatu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantaranya mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan.


2.      Mayor Polak
Kelompok sosial adalah satu group, yaitu sejumlah orang yang ada antara kerjasama satu sama lain dan kerjasama itu bersifat sebagai sebuah struktur.
3.      Wila Huky
Kelompok merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berkomunikasi.
Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa kelompok menurut tinjauan sosiologi adalah sekumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan terjadi hubungan timbal balik di mana ia merasa menjadi bagian dari kelompok tersebut.

C.    Kelompok-kelompok Sosial dalam Masyarakat
Kelompok sosial dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk. Hal ini bergantung dari sudut pandang ahli yang bersangkutan. Ada yang memandang dari proses terbentuknya, ada dari kekuatan ikatan emosional yang terbentuk.
Bahkan ada yang membaginya berdasarkan banyaknya jumlah anggota kelompok. Abdul Syani membagi kelompok sosial menjadi kelompok kekerabatan, kelompok primer dan kelompok sekunder, gemeinschaft dan gessellschaft, kelompok formal dan kelompok non formal, dan membership group, dan reference group.
Secara ringkas disebutkan berbagai klasifikasi kelompok sosial dari beberapa pakar. Biersted membedakan empat jenis kelompok sosial berdasarkan ada tidaknya organisasi, kerjasama sosial di antara anggota kelompok, dan kesadaran jenis; yaitu kelompok statistik, kelompok kemasyarakatan, kelompok sosial, dan kelompok asosiasi.[4]

D.    Pengaruh Pendidikan Terhadap Status Sosial Individu dalam Suatu Kelompok
Status dalam bahasa Indonesia sama artinya dengan “posisi” atau “kedudukan”. Tetapi maknanya jelas berbeda. Status berkerjasam dengan stratifikasi sosial, sedangkan posisi bekerjasama dengan situasi (tempat, situasi lain, situasi diri sendiri). Menurut Raph Linton dalam buku tulisa Ary Gunawan, kemungkinan seseorang dalam memperoleh status ada dua macam:
1.      Ascribe status, ialan status yang diperoleh dengan sendirinya oleh seorang anggota masyarakat. Misalnya dalam sistem kasta, seorang anak sudralangsung saja sejak lahir ia berstatus sudra. Seorang anak raja langsung menjadi bangsawan
2.      Achieved status ialah kedudukan yang dicapai seseorang dengan usaha yang disengaja, seperti sarjana untuk kelulusan dengan usaha yang disengaja, seperti sarjana untuk kelulusan S1, magister untuk kelulusan S2, dan doktor untuk lulusan S3, dan seterusnya.[5]
Selanjutnya Mayor Polak, menyatakan bahwa status ialan kedudukan sosial seseorang dlam kelompok serta dalam masyarakat. Status mempunyai dua aspek:
1.      Aspek stabil (structural), yakni yang bersifat hirarki (berjenjang) yang mengandung perbandingan tinggi/rendah secra relatif terhadap status-status lain.
2.      Aspek dinamis (fungsional), yakni peranan sosial yang berkaitan dengan suatu status tertentu, yang diharapkan dari seseorang yang menduduki suatu status tertentu, yang diharapkan dari seseorang yang menduduki suatu status tertentu.

E.     Struktur Kerjasama Antar Kelompok di Sekolah
Salah satu aspek yang biasa terlupakan oleh sekolah adlah memupuk kerjasama sosial di kalangan murid-murid. Biasanya sekolah terlalu fokus pada peningkatan kualitas akademik saja. Program pendidikan antar murid, antar golongan ini bergantung pada struktur soaial murid-murid. Ada tidaknya golongan minoritas di kalangan mereka mempengaruhi hubungan kelompok-kelompok itu. Kebanyakan negara mempunyai penduduk yang multi rasial, menganut agama yang berbeda-beda, dan mengikuti adat kebiasaan yang berlainan. Perbedaan golongan dapat juga disebabkan oleh perbedaan kedudukan sosial dan ekonomi.
Murid-murid di sekolah sering menunjukkan perbedaan asal kesukuan, agama, adat istiadat, dan kedudukan soaial. Berdasarkan perbedaan-perbedaan itu mungkin timbul golongan minoritas di kalngan murid-murid, yang tersembunyi ataupun yang nyata-nyata.
Kelompok dalam sekolah dapat dikategorikan berdasarkan.
1.      Status sosial orang tua murid
Status sosial orang tua sangat mempengaruhi pergaulan siswa tersebut. Tidak dapat dipungkiri, seorang siswa yang merupakan anak pejabat akan cenderung bergaul dengan teman yang se-level. Hal ini dapat terjadi di dalam maupun di hingga pergaulan di luar sekolah. Anak pejabat enggan bergaul dengan anak buruh. Jikalau ada jumlahnyapun sangat sedikit.
2.      Hobi/minat/kegemaran
Kesamaan hobi mendorong timbulnya rasa keersamaan di antara mereka. Anak-anak yang suka olahraga sepak bola cenderung intensif bergaul dengan teman seklub mereka. Biasanya di sekolah terdapat beberapa jenis kegiatan ekstrakurikuler seperti KIR (Kelompok Ilmiah Remaja), Rohis, kelompok seni, pramuka, PMR, dan keolahragaan. Masing-masing membentuk ikatan emosional diantara anggotanya.
3.      Intelektualitas
Ada juga peluang terjadi kelompok-kelompok berdasarkan tingkatan intelektualitas mereka, meskipun ini tidak dominan. Orang pintar karena biasanya suka membaca lebih sering berada di perpustakaan daripada di kantin. Kehidupan mereka di sekolah benar-benar padat dengan akademis.
4.      Jenjang kelas
Perbedaan jenjang kelas ini merupakan faktor dominan yang seinrg terjadi di sekolah. Biasanya anak kelas tiga yag meras lebih tua sering berbuat sesuka hati kepada adik kelasnya. Anak-anak kelas satu karena takur dengan senirnya lebih nyaman bergaul dengan teman-teman satu tingkatnya. Hal ini menyebabkan pergaulan mereka menjadi terkotak-kotak dan kurang harmonis.


5.      Agama
Ada peluang terbentuknya kelompok karena persamaan agama. Kegiatan perayaan dan peribadatan agama yang mereka anut sering mempertemukan mereka dalam kebersamaan dan kepemilikan. Namun demikianlah ini bukanlah faktor dominan di kalangan anak sekolahan.
6.      Asal Daerah
Kesamaan asal daerah juga memberikan peluang bagi terbentuknya kelompok di sekolah, namun bukan juga merupakan faktor dominan. Hal ini disebabkan karena sebagian besar siswa di sekolah tersebut berasal dari daerah yang sama. Berbeda dengan kehidupan kampus yang nuansa kedaerahannya sangat kental, di sekolah biasanya murid cenderung lebih menaruh minat pada mood dan hobi ketimbang regionalitas.[6]

F.     Masalah-maslaah yang Muncul dalam Kerjasama antar Kelompok di Sekolah
Sebagai sebuah komunitas sosial sekolah juga tidak akan luput dari masalah dalam kerjasama antar kelompok. Masalah tersebut antara lain adalah gap atau kesenjangan antar kelompok. Stigma kelompok minoritas sering muncul dipermukaan, di mana kelompok dalam kuantitas yang sedikit cenderung diabaikan baik secara fisik maupun kebijakan.
Kecemburuan dan persaingan tidak sehat antar kelompok juga dapat memicu timbulnya masalah antar kelompok di sekolah. Istilah gang menjadi trend anak sekolah saat ini. Gang adalah representasi dari keakuan siswa dalam lingkungan pergaulannya di sekolah. Ikatan psikologis-emosional sering menyebabkan terjadinya perkelahan antar pelajar meskipun hanya karena persoalan sepele.
Hal ini dapat dimaklumi dari tinjauan psikologis di mana perkembangan peserta didik di masa itu merupakan babak penacrian jati diri sehingga cenderung tidak stabil, emosional, dan mau menang sendiri.


G.    Upaya Pendidikan dalam Mengatasi Masalah yang Muncul dalam Kerjasama antar Kelompok di Sekolah
Dalam sebuah sekolah, tentunya sering atau pernah terjadi kesalahpahaman antara orang-orang di dalamnya. Hal itu bisa saja terjadi antara murid kelas yang satu dengan kelas yang lainnya. Siswa dari daerah yang satu dengan yang lainnya, banyak motif yang dapat memicu hal ini, terlebih lagi jika ada golongan minoritas. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengatasi masalah yang muncul dalam kerjasama antar kelompok. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Pemberian informasi, diskusi kelompok, kerjasama pribadi, dan sebagainya.
Guru dapat memberikan informasi tentang hakikat dan perbedaan rasial dan kultural dengan menekankan bahwa perbedaan-perbedaan di kalangan manusia bukanlah disebabkan oleh pembawaan biologis, melainkan karena dipelajari dari lingkungan kebudayaan masing-masing. Informasi semacam ini juga dapat diperoleh dalam pelajaran biologi dan ilmu-ilmu sosial.
2.      Memberikan informasi tentang sumbangan minoritas kepada kelompok
Guru dapat menceritakan bagaimana setiap kelompok itu sangat berpengaruh terhadap kelompok lainnya. Orang arab, yahudi, dan india memberikan sumbangan yang berarti bagi seluruh masyarakt dunia. Hal yang sama juga dilakukan oleh kelompok-kelompok kecil yang berusaha meraih kemerdekaan di tanah air ini, sumbangan mereka merupakan salah satu sebab merdekanya Indonesia.
3.      Menanamkan nilai-nilai toleransi antar siswa
Nilai toleransi ini sangat penting. Jika mereka mempunyai sikap toleran maka mereka dapat mempengaruhi sikap murid-murid lain ke arah toleransi yang lebih besar. Guru dapat memobilisasi tenaga-tenaga ini untuk memupuk sikap yang sehat di kalangan murid-murid.
4.      Membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mengadakan kerjasama atau pergaulan antar murid-murid dari berbagai golongan. Jika mereka dapat saling berkunjung dan menghadiri kegiatan atau upacara dalam keluarga masing-masing, maka diharapkan lahirnya saling pengertian yang lebih mendalam dan toleransi yang lebih besar.
5.      Menggunakan teknik bermain peran atau sosiodrama
Peristiwa yang terjadi dalam msayarakat dapat dimainkan dalam kelas dalam bentuk sosiodrama dengan menyuruh golongan mayoritas memainkan peranan golongan minoritas. Tujuannya adalah agar lebih memahami perasaan golongan minoritas dan dapat mengidentifikasi diri dengan keadaan mereka.
6.      Menggalakkan kegiatan ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler bisa melibatkan banyak orang dengan berbagai latar belakang murid yang berbeda. Keseringan komunikasi dan kerjasama diantara mereka menumbuhkan kebersamaan yang mendalam. Hal ini dapat mencegah sekaligus meredam masalah-masalah seputar gang antar kelompok sosial.[7]

KESIMPULAN

1.      Pendidikan adalah usaha sadar yang terancana dan tersistematis dalam memanusiakan manusia.
2.      Kelompok menurut tinjauan sosiologi adalah sekumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan terjadi hubungan timbal balik dimana ia merasa menjadi bagian dari kelompok tersebut.
3.      Kelompok sosial dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk. Hal ini sangat bergantung dari sudut pandang ahli yang bersangkutan. Ada yang memandang dari proses terbentuknya, ada dari kekuatan ikatan emosional yang terbentuk. Bahkan ada yang membaginya berdasarkan banyaknya jumlah anggota kelompok.
4.      Status ialah kedudukan sosial seseorang dalam kelompok serta dalam masyarakat. Pendidikan merupakan saluran mobilitas sosial, jadi pendidikan dapat menentukan status seorang individu dalam suatu kelompok. Dimana status individu dalam suatu kelompok tergantung sejauh mana kearifan dan kedalaman suatu kelompok tergantung sejauh mana kearifan dan kedalaman individu tersebut memaknai keilmuannya.
5.      Organisasi merupakan kelompok manusia yang berkumpul dala suatu wadah yang mempunyai tujuan yang sama, dan bekerja untuk mencapai tujuan itu.
6.      Sekolah merupakan contoh dari suatu organisasi formal.
7.      Struktur kerjasama antar kelompok di sekolah di pengaruhi oleh homogenitas individu-individu yang ada di dalamnya. Semakin banyak kesamaan yang ada semakin sederhana pula struktur yang akan terbentuk.
8.      Masalah yang sering terjadi dalam kerjasama antar kelompok di sekolah adalah tersisihnya kelompok minoritas, persaingan tidak sehat, gang, dan kecemburuan.

DAFTAR PUSTAKA

H.  Gunawan, Ary. 2000. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis tentang Berbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nasution, S. 1994. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

http://www.sosiologipendidikan.com


[1] S. Nasution, Sosiologi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 1994), Cet. I, h. 56.
[2] Kamanto Soenarto, Sisiologi Suatu Pengantar (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2006), h. 86.
[3] Hasbulloh, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (PT. Raja Grafindo Persada, 2005), h. 96-99.
`               [4] Soerjono Soekanto, Sosiologi Pengantar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006), h. 45
[5] H. Ary Gunawan, Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Tentang Berbagai Problem Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), h. 75
[6] http://www.sosiologipendidikan.com
[7] http://www.sosiologipendidikan.com

Artikel Terkait

18   komentar

Can I simply say what a relief to discover somebody that actually understands what they're discussing
over the internet. You certainly understand how to bring a problem to light
and make it important. More people really need to look at this
and understand this side of your story. I can't believe you're not more popular given that you surely possess the gift.


Also visit my site: travel blog sites
Reply Delete
Heya i am for the first time here. I found this board and I find
It really useful & it helped me out much. I am hoping to provide something back and help others such as you
helped me.

Here is my page: make your blog
Reply Delete
Great beat ! I would like to apprentice while you amend your
site, how can i subscribe for a blog web site?
The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided brilliant clear concept

Also visit my weblog; blog creation sites
Reply Delete
Pretty! This was a really wonderful post. Thanks for supplying these details.


Here is my web page; service de déménagement
Reply Delete
Attractive section of content. I just stumbled upon your
site and in accession capital to assert that I get actually
enjoyed account your blog posts. Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.



my blog post ... Demenagement Martin inc
Reply Delete
Hey just wanted to give you a brief heads up and
let you know a few of the images aren't loading properly.
I'm not sure why but I think its a linking issue.
I've tried it in two different web browsers and both show the same outcome.


Also visit my web page ... Service Demenagement Martin
Reply Delete
Thanks to my father who informed me on the topic of this weblog, this webpage is genuinely awesome.



Here is my weblog ... lisacelticnailart.over-blog.com
Reply Delete
You're so interesting! I don't suppose I have read a single
thing like that before. So good to find someone with some
genuine thoughts on this topic. Seriously.. many thanks for
starting this up. This web site is one thing that is needed on the web, someone with a bit
of originality!

Have a look at my weblog; make a blog
Reply Delete
Quality content is the secret to interest the visitors to pay a quick visit the web site,
that's what this site is providing.

Feel free to surf to my web-site: social media contest
Reply Delete
Heya! I understand this is kind of off-topic however I needed to ask.
Does operating a well-established blog such as yours take a lot of work?
I'm brand new to operating a blog however I do write in my diary every day.
I'd like to start a blog so I can share my personal experience and thoughts online.
Please let me know if you have any recommendations or tips for brand new aspiring blog owners.
Thankyou!

my web page: search engine result
Reply Delete
If you wish for to improve your know-how only keep visiting
this web site and be updated with the latest gossip
posted here.

Also visit my website; what is search engine optimization
Reply Delete
Hey there would you mind sharing which blog platform you're
using? I'm planning to start my own blog soon but
I'm having a tough time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
The reason I ask is because your design and style
seems different then most blogs and I'm looking for something unique.
P.S Apologies for getting off-topic but I had to ask!


Feel free to visit my webpage ... jet broker
Reply Delete
Anonymous said... 14 October 2014 at 12:33
What's up, I log on to your new stuff like every week.
Your writing style is awesome, keep it up!

Look into my webpage; ckreuter.tumblr.com
Reply Delete
Anonymous said... 15 October 2014 at 16:46
Howdy outstanding website! Does running a blog such as this require a lot
of work? I have no knowledge of coding but I was hoping to start my own blog soon. Anyway, should you have any suggestions or
tips for new blog owners please share. I understand
this is off topic but I just had to ask. Thank you!

Feel free to surf to my site :: california seo firm
Reply Delete
Anonymous said... 16 October 2014 at 20:42
With the wide levels of competition in the bank loans direct,
particular finance endorsement has not just become faster but also
gets approved irrespective of bad 'tokens' Apart
from helping the borrowers using several quick unsecured loans, Weekend Bank loan offers On the web Weekend Financial
loans to help resolve the few days cash challenges of salaried employees On the web gold gold bullion trading permits you to sell part of your rare metal investment
providing you more freedom and treatments for your investment Because they have no be certain that the money people
let you be lent will be delivered, it creates great risk for their investment To be
clear, farm machinery could be any equipment that help
producers till, cultivate, plant, harvesting, and feast crops So do not forget
that while purchaser groups plus the government boast of being the consumers companion, they're not saying much with regards to those substantial fees priced by significant banking
institutions Most areas have one or more dealership that provides such a system,
so check around Other folks who will need quick cash make use of it to spend
their own everyday charges, like book, groceries, resources, and so on Perfectly the first and simplest way is to take a
look at applying for any federal student loan The idea inquires in regards to the dates regarding degree commenced and
end, attendance throughout the educational period
of time, performance and character and so on The corporation has set
up ten apps in types C 2-03, Chemical 2-06 and C- 10 for
speedy browsing In which at a single hand we've got the long term as well as short term loans for various
purposes, additionally, there are the short term pay day loans in Britain that one can utilize in a difficult situation
Frequently the makes certain that you are assured come with small type
that allows the firm to easily be free from their assure If someone
owes your money, either at a loan or any other transaction, as
well as fails to purchase from you, then you have in all probability a bad personal debt If you have ever investigated or simply applied
for a cash payday loan, you�ll be way too aware of a persons vision rates which might be applied to this type of
credit Operation Special Delivery system is a national program to deliver free doula service to military moms during and after labor and
birth, even if the husband is property from
use A fixed fee mortgage is the best way to go, while short term property investors usually select the lower price of the bend rate property finance loan These are the things that will force you to realize that you
need to fight your individual battle and in the end it can be incredibly rewarding, specially when you have that desire to guide others as you go along
In order to get the ball rolling and to be eligible for this type of personal loan, fill out a single page distribution form on the website you choose and click send Try to call the market to get
such houses that match up well using the needs and requirement degree of the customers This faster agreement of this bank loan gives a
great deal of benefits since the majority of of the times, people need that amount
really quick to clear their monthly bills
inside the deadline
Reply Delete
Anonymous said... 18 October 2014 at 01:56
Great blog you have here.. It's hard to find quality writing like yours nowadays.
I seriously appreciate individuals like you! Take care!!


Here is my blog post: tefal optigrill australia
Reply Delete
Anonymous said... 19 October 2014 at 03:39
It's going to be end of mine day, however before ending I am reading this wonderful article to increase my know-how.



Feel free to surf to my website: container shipping
Reply Delete
Anonymous said... 19 October 2014 at 23:56
You're so interesting! I don't suppose I've read through
a single thing like this before. So good to find someone with unique thoughts on this
topic. Really.. many thanks for starting this up. This web site is something that is needed on the
internet, someone with some originality!

my homepage :: shipping a car to
Reply Delete

Post a Comment

Cancel Reply